Analisis Strategi komunikasi Pemasaran Jasa Fotografer Pernikahan pada Diraloka Kisah
Abstract
Perkembangan bisnis terutama bidang fotografer pernikahan meningkat disetiap tahunnya. Para pelaku bisnis jasa fotografer pernikahan berlomba – lomba untuk dapat menarik perhatian masyarakat agar bisnisnya berkembang dengan pesat, salah satunya adalah Diraloka Kisah. Maraknya Jasa Fotografer pernikahan baru yang bermunculan membuat Diraloka Kisah harus menciptakan strategi komunikasi pemasaran untuk mempertahankan konsumen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Diraloka Kisah dalam menarik minat pengguna jasa . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan Diraloka Kisah menggunakan strategi komunikasi pemasaran diantaranya memberikan harga standar dan bonus tambahan. Melalui strategi ini, penjualan mereka meningkat dan minat pelanggan terkait, mengandalkan word of mouth atau rekomendasi dari pelanggan yang puas untuk membangun citra positif dan kepercayaan konsumen, memanfaatkan platform media sosial dan mengirimkan portofolio kepada calon pelanggan. Selain itu, mereka juga melakukan promosi melalui katalog dan link website mereka sehingga Diraloka Kisah berhasil menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran yang efektif, termasuk pemasaran digital, promosi penjualan, personal selling, dan direct selling. Strategi ini membantu mereka bertahan dalam persaingan di industri fotografi pernikahan dan menarik minat serta kepercayaan konsumen.
References
Aryawan, I. W., & Karana, N. I. M. D. A. H. (2020). Strategi komunikasi pemasaran dalam menarik kedatangan pengunjung di Waterbom Bali (Studi kasus di Departemen Sales dan Marketing PT. Bali Ocean Magic Kuta, Bali). Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 21(2), 40–50.
Bulkis, A. Y. (2018). Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa. Jurnal Universitas Hasanuddin Makassar, 13–14.
Dianti, R. (2018). Strategi komunikasi pemasaran Harian Republika untuk menciptakan kepuasan pelanggan (Studi kasus pada Harian Umum Republika). Manajemen Pemasaran, 1(2), 132–146.
Febriana, B., & Setyanto, Y. (2019). Strategi komunikasi pemasaran Coffee Broker. Prologia, 3(1), 39–46.
Firmansyah, S. M. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
Lintang, S. A. (2021). Strategi komunikasi pemasaran online UMKM dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi. Jurnal Media Kom, 11(1), 1–12.
Nabila, A. G., & Tuasela, A. (2021). Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan pendapatan pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi di Kota Timika. Jurnal Kritis, 5(2), 21–40.
Panuju, R. (2019). Komunikasi pemasaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pinontoan, N. A. (2021). Strategi komunikasi pemasaran dalam upaya meraih konsumen (Studi deskriptif kualitatif strategi komunikasi pemasaran PT Jelajah Indonesia Wisata Asia dalam upaya meraih konsumen). Kartala, 1(1).
Pratiwi, S. A. P. (2020). Strategi komunikasi pemasaran fotografer freelancer Galih Young Photograph dalam menarik minat pelanggan. Jurnal Universitas Medan Area, 17–18.
Rizky, M. (2020). Strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam bisnis fotografi di Studio Foto La Vanilla Banjarmasin [Skripsi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary].
Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryatna, U., Kusumadinata, A., & Purnamasari, N. (2016). Strategi komunikasi pemasaran Majalah Tren Bogor dalam upaya menarik minat. Jurnal Komunikatio, 2(2), 115–124.
Yhattaqun, M., & Aesthetika, N. M. (2022). Analisis komunikasi pemasaran fotografi pernikahan. Academia Open, 7(1993), 1–11.
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.