Opini Pengikut Instagram Terhadap Akun Instagram @Infolamongan Sebagai Media Informasi Kabupaten Lamongan

Ainur Rochmaniah, Ulul Albab

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan opini pengikut Instagram terhadap akun Instagram @infolamongan sebaga media informasi kabupaten lamongan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.900 responden. Teknik samplingnya menggunakan Teknik random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah statstik deskriptif. Hasil penelitan ini menyatakan bahwa opini pengikut instagram terhadap akun instagram @infolamongan sebagai media informasi kabupaten lamongan termasuk kategori sangat baik. Dari hasil analisis deskriptif di dapatkan nilai rata-rata nilainya merata. opini dari keseluruhan responden memperlihatkan kecenderungan terhadap bentuk informasi yang responden terima dari akun Instagram @infolamongan adalah bentuk kebutuhan informasi Kognitif dan Afektif.

References

Abbas, A. F., Jusoh, A., Mas’od, A., Alsharif, A. H., & Ali, J. (2022). Bibliometrix analysis of information sharing in social media. In Cogent Business and Management (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.2016556
Alim, M. (2018). Bunga Rampai Media Sosial. Spansi Media.
Enterprise, J. (2012). Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Anggota IKAPI.
Ifadah, Z., & Rochmaniah, A. (2016). Opini Mahasiswa Terhadap Website Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Sebagai Media Informasi. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.21070/kanal.v2i2.296
Jamshidi, D., Rousta, A., & Shafei, R. (2023). Social media destination information features and destination loyalty: does perceived coolness and memorable tourism experiences matter? Current Issues in Tourism, 26(3). https://doi.org/10.1080/13683500.2021.2019204
Jiang, S. (2022). The Roles of Worry, Social Media Information Overload, and Social Media Fatigue in Hindering Health Fact-Checking. Social Media and Society, 8(3). https://doi.org/10.1177/20563051221113070
Kim, K. S., Joanna Sin, S. C., & Yoo-Lee, E. Y. (2014). Undergraduates’ use of social media as information sources. In College and Research Libraries (Vol. 75, Issue 4). https://doi.org/10.5860/crl.75.4.442
Li, W., Guo, C., Deng, Z., Liu, F., Wang, J., Guo, R., Wang, C., & Jin, Q. (2023). Coevolution modeling of group behavior and opinion based on public opinion perception. Knowledge-Based Systems, 270, 110547. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2023.110547
Maani, H. (2019). Pengunaan Media Sosial “Instagram” Jeje Radio Dalam Meningkatkan Kepuasan Pendengar. Commercium, 1(2).
Nurdin, I., & Hartati, D. (2019). Metode Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.
Ruliana, P., & Dwiantari, R. (2015). Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal ASPIKOM, 2(4). https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i4.76
Sadewa, R., Puspitosari, R., & Kom, M. I. (2019). Instagram @Indonesiatraveler Sebagai Media Informasi tentang Pariwisata Indonesia (Studi Kasus pada Komunitas Pecinta Alam Ankopala Kebon Kopi Tangerang Selatan). Naskah Pubilikasi Unieristas Budi Luhur, 1(1), 1–6.
Tayebi, S. M., Manesh, S. R., Khalili, M., & Sadi-Nezhad, S. (2019). The role of information systems in communication through social media. International Journal of Data and Network Science, 3(3). https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2019.2.002
Yap, C. S., Keling, W., & Abdullah, S. K. (2022). Use of social media for information seeking and sharing during floods in rural Sarawak. International Journal of Emergency Services. https://doi.org/10.1108/IJES-07-2020-0042
Yu, J., Liu, X., Manago, G., Tanabe, T., Osanai, S., & Okubo, K. (2022). New Terahertz Wave Sorting Technology to Improve Plastic Containers and Packaging Waste Recycling in Japan. Recycling, 7(5). https://doi.org/10.3390/recycling7050066
Zeqiri, A., Dahmani, M., & Youssef, A. (2020). Digitalization of the tourism industry: What are the impacts of the new wave of technologies. Balkan Economic Review, 2.

Authors

Ainur Rochmaniah
ainur@umsida.ac.id (Primary Contact)
Ulul Albab
Rochmaniah, A., & Albab, U. (2025). Opini Pengikut Instagram Terhadap Akun Instagram @Infolamongan Sebagai Media Informasi Kabupaten Lamongan. Journal of Human, Culture, Society, and Education, 1(2), 99–103. https://doi.org/10.62672/hucse.v1i2.16

Article Details