Shopee affiliasi sebagai strategi komunikasi pemasaran di era new media
Abstract
Penelitian ini menyelidiki strategi komunikasi pemasaran program afiliasi Shopee, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dampaknya terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, analisis konten dilakukan terhadap konten video influencer dari akun TikTok @mangzilasf, yang dilengkapi dengan wawancara dengan peserta program afiliasi. Temuan mengungkapkan pengaruh signifikan dari pemasaran afiliasi Shopee terhadap perilaku konsumen, yang didorong oleh efek pemasaran viral dan kualitas produk. Studi ini menggarisbawahi peran platform media sosial seperti TikTok dalam membentuk persepsi konsumen dan memfasilitasi keputusan pembelian online. Implikasi menyoroti pentingnya kolaborasi influencer yang efektif dan strategi pemasaran konten dalam meningkatkan visibilitas merek dan mendorong penjualan di era digital.
References
Agustina, W., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla. Prologia, 5(2), 356. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10211
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo).
Asriyaningsih, Y., & Aestethika, N. M. P. (n.d.). Pemanfaatan Akun Instagram untuk Bisnis Sebagai Straategi Pemasaran Wisata pada Masa New Normal.
Glucksman, M. The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding: A Case Study of Lucie Fink.
Kristiyono, Y. R. (2022). Pengaruh Website Quality, Kesadaran Fashion, Perceived Product Quality, Dan Program Shopee Affiliates Terhadap Peningkatan Pembelian Impulsif Pada Pengguna E-Commerce Shopee. Jurakunman Journal of Akuntansi Dan Manajemen, 15(2), 196. https://doi.org/10.48042/jurakunman.v15i2.145
Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi, 8(1).
Mardiyanto, D., & Giarti, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA, 3(01). https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.470
Maulana, O. S., & Manulang, J. M. B. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital.
Muzzaki, N. (2021). Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Minat Beli di Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus pada Sarawa.co}.
Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A., Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi TikTok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA Journal of Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Rahmawati, S. D. (2021). NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (2021) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/index.
Rumyeni, S. (2022). Pengaruh Content Marketing Shopee Affiliasi melalui Media Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Sari, Y. P., & Mayasari, M. (2022). Pengaruh Perceived of Risk, Enjoyment, Social Influence, Trust, Quality of Website, dan Online Advertisment Terhadap Perilaku Belanja Online Mahasiswa. Journal of Applied Accounting and Taxation, 7(1), 35–42. https://doi.org/10.30871/jaat.v7i1.3419
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol8.iss2.art2
Susanti, S., Sari, A. A., Anam, M. K., Jamaris, M., & Hamdani, H. (2022). Sistem Prediksi Keuntungan Influencer Pengguna E-Commerce Shopee Affiliates menggunakan Metode Naïve Bayes. Edumatic Journal of Pendidikan Informatika, 6(2), 394–403. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i2.6787
T. O. S. (2021). Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim dan Kualitas Produk.
Winata, J. N., & Alvin, S. (2022). Strategi Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi Kasus Instagram Bonvie.id).
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.