Mengoptimalkan komunikasi dinas sosial untuk keberhasilan program

Ananda Kharomah Riantino, Didik Hariyanto

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas komunikasi dalam program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin (JKMM) yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, wawancara dilakukan dengan informan kunci, termasuk kepala dinas, petugas layanan, dan penerima manfaat program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan tersebut secara efektif menggunakan strategi komunikasi, menunjukkan kualitas seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Melalui penyebaran melalui website, penjangkauan melalui media sosial, dan interaksi langsung, informasi yang relevan mengenai program ini dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Petugas layanan menunjukkan empati dan sikap mendukung dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, yang mengarah pada hasil yang positif dan memperkuat hubungan antara penyedia layanan dan masyarakat. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya komunikasi yang efektif dalam program layanan sosial seperti JKMM dan menyoroti peran dinas sosial di tingkat kabupaten dalam memastikan kesadaran dan pemahaman masyarakat, yang pada akhirnya meningkatkan efektivitas program dan melayani konstituen dengan lebih baik

References

Diswantika, Y. R. Y. Noviana. (2022). Model bimbingan dan konseling bermain cognitive-behavior play therapy untuk mengembangkan empati mahasiswa. Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR
Fajriyah, N., Ri’aeni, I., & Yusron, A. (2019). Efektivitas komunikasi organisasi dalam manajemen program kerja Pos Yandu. Jurnal Interact, 8(1). Retrieved from http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/index
Hardiyansyah. (2015). Buku komunikasi pelayanan publik tentang pelayanan publik.
Hariyanto, D. (2021). Buku pengantar ilmu komunikasi.
Hariyanto, L. N. A. Didik. (2019). Pengaruh komunikasi interpersonal pedagang Madura terhadap akulturasi budaya dan etos kerja masyarakat lokal di Pasar Larangan Sidoarjo. https://doi.org/10.21070/Kanal.V%Vi%I.3053
Haryoko, S. (2020). Analisis data penelitian kualitatif.
Irfadillah, A. (2021). Efektivitas komunikasi terhadap pelayanan kartu tanda penduduk pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulukumba.
Normasari, M. (2019). Komunikasi interpersonal akan efektif apabila dalam diri seseorang ada perilaku supportiveness.
Paramithasari, N., & Kartika, R. (2017). Lima kualitas sikap komunikasi antar pribadi oleh unit Customer Complaint Handling PT BNI Life Insurance. Journal of Strategic Communication, 8(1), 1–11.
Pertiwi, D. Sari. (2017). Efektivitas komunikasi interpersonal dalam mengatasi keluhan pelanggan di PT. PLN (Persero) Rayon Samarinda Ulu. eJournal Ilmu-Komunikasi, 2017(1), 98–112.
Putri, N. A. E. (2022). Optimalisasi layanan PosAja dan Free Pick Up Service terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 13(02), 70–80.
Rahmi, H. A., Teluma, R. L., & Hadi, A. P. (2020). Implementasi komunikasi pelayanan publik Pemerintah Kota Mataram melalui aplikasi Lapor!
Saraswati, F. N. Erlisa. (2021). Efektivitas komunikasi organisasi dalam penguatan potensi Bumdes pada pelaksanaan padat karya tunai desa di masa Covid-19, 6(2).
Septiasari, D. H. H. Nur Rahayu. (2021). Faktor efektivitas komunikasi humas dalam sosialisasi program pada masa pandemi Covid-19 (Survey eksplanatif Humas Kemendikbud dalam sosialisasi program belajar dari rumah di TVRI). https://doi.org/10.29313/.V7i1.27256
Taroreh, R. N., & Uhing, Y. (2019). Faktor-faktor… Jurnal EMBA, 7(1), 671–680.

Authors

Ananda Kharomah Riantino
Didik Hariyanto
didikhariyanto@umsida.ac.id (Primary Contact)
Riantino, A. K., & Hariyanto, D. (2024). Mengoptimalkan komunikasi dinas sosial untuk keberhasilan program. Journal of Human, Culture, Society, and Education, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.62672/hucse.v1i1.7

Article Details