Peran desain logo pemasaran dalam branding popok yang dapat digunakan kembali

Dafian Yanuar Akbar, Totok Wahyu Abadi

Abstract

Penelitian ini menyelidiki peran penting desain logo dalam membangun branding untuk popok yang dapat digunakan kembali, dengan menggunakan kombinasi tinjauan literatur dan metodologi penelitian lapangan. Melalui lokakarya dan pencarian literatur, penelitian ini bertujuan untuk memahami pentingnya logo dalam branding dengan menganalisis literatur yang ada dan melakukan pengamatan langsung. Dengan mensintesiskan temuan dari kedua pendekatan tersebut, penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya logo yang dirancang dengan baik dalam membangun identitas merek yang kuat. Secara khusus, studi ini mengeksplorasi bagaimana logo mengkomunikasikan nilai dan kualitas unik popok yang dapat digunakan kembali melalui elemen desain seperti logogram, logotype, tipografi, dan penggunaan warna yang strategis. Studi ini diakhiri dengan menekankan dampak desain logo yang efektif terhadap persepsi dan preferensi konsumen, menggarisbawahi pentingnya logo dalam menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas merek

References

Ahdiat, A. (n.d.). Angka Kelahiran Indonesia Turun 30% dalam Tiga Dekade. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/30/angka-kelahiran-indonesia-turun-30-dalam-tiga-dekade#:~:text=%22Di%20Indonesia%2C%20dalam%20satu%20tahun,29%2F1%2F2023
Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023, January). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Branding pada UMKM. Jesya, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967
Aulia, F., Afriwan, H., & Faisal, D. (2021). Konsistensi Logo dalam Membangun Sistem Identitas.
Hananto, B. A. (2019). Perancangan Logo dan Identitas Visual untuk Kota Bogor Logo and Visual Identity Design For Bogor City. Titik Imaji, 2(1), 19–32. Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/
Hasibuan, A. Z., Lubis, A. J., & Asih, M. S. (2020). Pelatihan Desain Logo Bagi Remaja Masjid Al-Bayan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Kusrianto, A., & Rosari, R. W. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=706105
Levanier, J. (n.d.). Visual Identity: Everything You Need to Know about This Essential Aspect of Branding. Retrieved from https://99designs.com/blog/logo-branding/visual-identity/
Moelyaningrum, A. D. (2018, March). Mother Perception in Disposable Baby Diapers Waste and the Management. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/kpgmc
Moelyaningrum, A. D. (n.d.). Persepsi Ibu terhadap Sampah Popok Bayi Sekali Pakai dan Manajemennya (Mother Perception in Disposable Baby Diapers Waste and the Management).
Nugraha, F., & Tarmawan, I. (n.d.). Perancangan Identitas Visual Yessika Roti. Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/divagatra
Oscario, A. (n.d.). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand.
Pemkot Surabaya. (n.d.). Dampak Limbah Popok Bayi Bagi Lingkungan Hidup. Retrieved from https://www.surabaya.go.id/id/berita/37890/test-post
Permana, R., & Yusmawati. (2022, February). Semiotika Visual Logo Bumbu Bamboe dan Perannya sebagai Identitas Perusahaan. Sosio, 8(1), 96–103. https://doi.org/10.30738/sosio.v8i1.11807
Pujiriyanto, & Suyantoro, S. (2005). Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer). Yogyakarta: Andi. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=397774
Solichah, M., Akhwani, A., Hartatik, S., & Ghufron, S. (2020, August). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 51–59. https://doi.org/10.17977/um035v28i22020p051

Authors

Dafian Yanuar Akbar
Totok Wahyu Abadi
totokwahyu@umsida.ac.id (Primary Contact)
Akbar, D. Y., & Abadi, T. W. (2024). Peran desain logo pemasaran dalam branding popok yang dapat digunakan kembali. Journal of Human, Culture, Society, and Education, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.62672/hucse.v1i1.5

Article Details