Mengurai representasi utang dalam analisis semiotika iklan digital
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan representasi perilaku berhutang dalam iklan Traveloka Paylater, dengan menggunakan Teori Semiotika Pierce. Penelitian ini menjawab kesenjangan dalam memahami pengaruh iklan terhadap perilaku berutang konsumen. Dengan menggunakan analisis deskriptif, penelitian ini meneliti data primer dari iklan Traveloka Paylater, dengan fokus pada konten video. Melalui observasi dan dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi tanda-tanda dalam iklan dan menginterpretasikan maknanya. Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga representasi utama dari perilaku berutang: Konsumsi, manajemen arus kas, dan manajemen kredit. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami penggambaran perilaku berutang dalam iklan dan implikasinya terhadap pengambilan keputusan keuangan konsumen.
References
Arief. (2017). “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kelompok Teman Sebaya, Dan Financial Literasi Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa.” Economic Education Analysis Journal.
Balqiah, T. E., & Setyowardhani, H. (2016). Perilaku Konsumen. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Fitria, R. (2015). Analisis Charles Sanders Peirce dalam Iklan Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2015. Manhaj, 6(1), 44–50. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/698
Hareyah, Y. (2017). (Analisa Semiotika Iklan Rokok Djarum Black). Vol. 04(02), 1–26.
Ingrid, D. N. (2016). Pengaruh Sikap Materialisme Dan Sikap Terhadap Uang Pada Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga.
Nawiroh, V. (2015). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurudin, E. (2016). “Studi Fenomenologi Perilaku Berhutang.” Jurnal Psikologi Mandiri.
Sebayang, C. M. (2017). Analisis Semiotika Representasi Kecantikan Pada Iklan Pantene Total Damage Care 10 Versi Raline Shah Di Media Televisi. Univ. Mulawarman, 5(2), 66–80.
Set, S., & Sony. (2008). Menjadi Perancang Program Televisi Profesional. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Shohib. (2015). “Sikap Terhadap Uang Dan Perilaku Berhutang.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3, 2301–8267.
Strebkov, D. (2005). “Household Borrowing Behavior in Russia.” Problems of Economic Transition, 48(5), 22–48.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.