Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Permesif dengan Kenakalan Remaja pada Siswa Kelas XI SMK Antartika Sidoarjo
Abstract
Pola asuh merupakan upaya orang tua dalam membantu anak untuk membentuk karakter dan kepribadian. penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua permisif dengan kenakalan pada siswa kelas XI SMK Antartika 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan metode penelitian berupa angka-angka yang akan diukur menggunakan statistik sebagai alat uji penghitungan, untuk menghasilkan suatu kesimpulan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua permisif (X) dan Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kenakalan remaja (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMK Antartika Sidoarjo kelas XI sebanyak 500 Siswa dan di ambil sampling menggunakan tabel Isaac dan Michael didapatkan 205 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode korelasi Pearson (Product Moment) SPSS 26. Hasil yang diperoleh dari uji analisis korelasi koefisien sebesar 0,689 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hal tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi Pola asuh orang tua permisif yang dimiliki siswa kelas XI SMK Antartika 2 Sidoarjo maka semakin tinggi pula Kenakalan remaja yang dimiliki siswa tersebut dan Sebaliknya.
References
Angreani, F. A. (2018). Hubungan Asupan Energi, Protein, Zink, Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Wasting Pada Remaja Di MTs.Negeri 2 Pontianak.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Teaching and learning strategies. Rineka Cipta.
Evans, W. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Depdikbud. Jakarta.
Fauzi, C. A. (2012). Analysis of The Knowledge and Behaviour of Adolescents Based on The General Guidelines of Balanced Nutrition (PUGS) Point 6 , 10 , 11 , and 12. Kesehatan Reproduksi, 3(4), 91–105.
Gesell, E. . (1990). Psikologi Perkembanga, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Manusia. Erlangga.
Hidayati, N. W. (2016). Hubungan harga diri dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).
Hurlock, E. B. (1978). Psikologi Perkembangan. Suatu pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi ke L). Erlangga.
Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Soedjarwo, & Sijabat, R. M. (2002). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5). Jakarta : Erlangga, 1991.
Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. PT. Grafindo Persada.
Khutbawanti, E., Dewi, Y. T., & Wicaksono, E. T. (2017). Dinamika Kenakalan Remaja pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Psycho Idea, 15(1), 41–49.
Mirantika, N. R. (2016). Hubungan Pola Asuh Permisif dan Otoriter dengan Kenakalan Remaja. Universitas Negeri Semarang.
Novita, N. P. (2012). Hubungan Antara Kekerasan Emosional Pada Anak Terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja. In Doctoral dissertation. Universitas Airlangga.
Nua Ledang, M. A. (2020). Hubungan Antara Kecenderungan Pola Asuh Permisif Dengan Kenakalan Remaja. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Oktrisia, C., Prabamurti, P. N., Shaluhiyah, Z., Masyarakat, F. K., Diponegoro, U., & Diponegoro, U. (2021). Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Diet Remaja. 9, 157–165.
Ormachea, J. M., Hillman, S. B., & Sawilowsky, S. S. (2004). Gender and gender-role orientation differences on adolescents’ coping with peer stressors. Journal of Youth and Adolescence, 33(1), 31-40.
Prasasti, S. (2016). Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Vol. 1
Rosyidah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kenakalan Remaja pada Siswa SMK Yayasan Cengkareng Dua Jakarta Barat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Setyaningrum, E., Rasmitadila, R., & Humaira, M. A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemampuan Membaca Mekanis. E-Journal Skripsi:Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1).
Siregar, N. S., Wasidi, W., & Sinthia, R. (2018). Hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan perilaku kenakalan remaja. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 26–35.
Willis, S. (2012). Remaja dan Masalahnya. Alfabeta.
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.