Mempengaruhi Tren Fashion Anak Muda dengan Gaya Hijab di Instagram

Veninda Martha Ayu Putri, Nur Maghfirah Aesthetika

Abstract

Kecanggihan internet yang semakin meningkat telah mendorong munculnya platform media sosial, seperti Instagram, yang berfungsi sebagai media digital untuk berbagi foto dan video. Salah satu tren yang marak di Instagram adalah postingan foto OOTD (Outfit of the Day) yang menampilkan pakaian sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akun Instagram @hijab.ootdstyle sebagai referensi pilihan pakaian perempuan muda. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada pengikut perempuan muda berusia 18-24 tahun di akun @hijab.ootdstyle. Snowball sampling digunakan untuk mengumpulkan data dari partisipan di seluruh Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan konsep analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Temuan menunjukkan bahwa @hijab.ootdstyle mempengaruhi pilihan busana perempuan muda, berfungsi sebagai referensi untuk inspirasi gaya. Beberapa partisipan mengadaptasi gaya pakaian mereka berdasarkan konten akun tersebut, sementara yang lain mungkin merasa tidak cocok dengan preferensi mereka. Meskipun demikian, akun ini memainkan peran penting dalam memandu perempuan muda dalam menavigasi tren mode dan mengekspresikan gaya pribadi mereka.

References

Akbar, R. S. (Year). Peran Media Sosial Dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja Di SMA Muhammadiyah 3 SURABAYA.
Bariyah, C. (2018). ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TENTANG LETTERING CAPTURE DALAM OFFICIAL ACCOUNT INSTAGRAM @SUB.LETTER (StudiFollowers Official Account Instagram @Sub.Letter). Sage Journals.
Barnard, M. (2018). Fashion sebagai Komunikasi: Cara Mengomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas, dan Gender. Jalasutra.
Dwi, O., & Putri, F. (2017). KONSEP DIRI PENGUNGGAH FOTO OOTD (OUTFIT OF THE DAY) STUDI KASUS PADA ACCOUNT @SIGEROUTFIT.
Irawan, E. F., & Ramdhan, A. (2018). Pengaruh Visualisasi Foto OOTD (Outfit of The Day) Selebgram Sebagai Strategi Promosi Produk Fashion Terhadap Persepsi Wanita.
Mahendra, I. T. (2017). Peran Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja Usia 12-17 Tahun di Kelurahan.
Moh, N. (2017). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Oktavia, T. F. J. (2018). Peran Penggunaan Media Sosial Terhadap Citra Diri Mahasiswa UNMER Malang. Universitas Merdeka Malang.
Permata, E. H. (2017). Instagram dan Presentasi Diri (Analisis Kuantitatif Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Presentasi Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTIRTA Angkatan 2013-2015). Skripsi, 1, 158.
Permatasari, N., & Trijayanto, D. (2017). Motif Eksistensi melalui Penggunaan Hashtag (#OOTD) di Media Sosial Instagram.
Sari, A., & Indrawati, D. (2022). Perkembangan penamaan gaya berpakaian dan jenis pakaian pada kalangan milenial di indonesia: kajian linguistik antropologi. Sapala, 9(02), 85–93.
Suryani, F. L., & Suwarti, C. H. D. (2014). Instagram dan fashion remaja (Studi Kasus Peran Media Sosial Instagram terhadap Trend Fashion Remaja dalam Akun @ootdindo Tahun 2014). Retrieved from www.youtube.com
Trisnawati, T. Y. (2011). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi. Retrieved from http://nugraheniika.blogspot.com
Ulfah, R., Ratnamulyani, I. A., & Fitriah, M. (2016). Fenomena penggunaan foto outfit of the day di instgram sebagai media presentasi diri (Suatu Kajian Komunikasi Dalam Pendekatan Dramaturgi Erving Goffman) phenomenon of use photo’s of the day outfit in instgram self as a media presentation (Study of Communication In approach Dramaturgy Erving Goffman).
Watye, R., & Dina, N. F. (2021). Penerapan Motif Berilusi Optis Parang Salawaku pada Busana Plus Size Fashion. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Boga dan Busana, 16(1), 1–7.

Authors

Veninda Martha Ayu Putri
Nur Maghfirah Aesthetika
fira@umsida.ac.id (Primary Contact)
Putri, V. M. A., & Aesthetika, N. M. (2025). Mempengaruhi Tren Fashion Anak Muda dengan Gaya Hijab di Instagram. Journal of Human, Culture, Society, and Education, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.62672/hucse.v1i2.11

Article Details