Pengaruh orang tua terhadap motivasi belajar anak usia dini: Studi fenomenologi

Amalia Rachma Dewi, Kukuh Sinduwiatmo

Abstract

Penelitian fenomenologi ini menyelidiki motivasi belajar anak usia dini di pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mentari Kecil. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi peran ibu dalam memotivasi minat belajar anak. Enam informan, termasuk satu guru PAUD dan lima ibu, dipilih secara purposif untuk pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif dari Miles dan Huberman. Temuan penelitian menunjukkan peran penting keluarga, khususnya ibu, dalam memfasilitasi minat belajar anak. Ibu berkontribusi secara signifikan dengan memberikan perhatian dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah. Namun, hambatan seperti kondisi lingkungan yang tidak mendukung, kendala ekonomi, dan pengetahuan orang tua yang terbatas menghambat motivasi belajar yang efektif. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya keterlibatan orang tua dan menyarankan strategi untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini, dengan menekankan perlunya pengalaman belajar yang nyaman dan menyenangkan untuk menumbuhkan semangat belajar anak.

References

Ambarukmi, R. N., & Wijayanti, D. (2019). Kajian motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. *Prosiding Seminar Nasional PGSD*, 246–249.
Anak, B., Hasil, T., Anak, B., & Tk, D. I. (2022). AL-IKHLAS BAH JAMBI.
Data, T. A. (2015). Teknik analisis data, 1–23.
Febrina, N., & Isroah, I. (2012). Peningkatan aktivitas belajar akuntansi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada siswa kelas X AK 3 program keahlian akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2011/2012. *Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia*, *10*(2). doi: 10.21831/jpai.v10i2.916.
Hanipudin, S. (2021). Implementasi metode bernyanyi dalam meningkatkan minat belajar siswa di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap. *JEA (Journal of Edukasi AUD)*, *6*(2), 117. doi: 10.18592/jea.v6i2.4109.
Harizta, A. D., & Ariati, J. (2017). Hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA Negeri 2 Semarang. *Jurnal EMPATI*, *6*(1), 7–10. doi: 10.14710/empati.2017.15084.
Jafri, Y., Yuni, S. R., & Sari, Y. P. (2018). Bermain game online dengan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. *Prosiding Seminar Kesehatan Perintis*, *1*(1), 1–19.
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. *Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0*, (November), 289–302.
Rakhmaniar, A. (2021). Hubungan komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan motivasi dan prestasi pada pembelajaran jarak jauh di PAUD Arvardia. *Paradigma Polistaat Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik*, *4*(2), 121–138. doi: 10.23969/paradigmapolistaat.v4i2.3495.Tan, J. H., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2013). Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah kelas IV dan V di SD Negeri Kawangkoan Kalawat. *Jurnal Keperawatan*, *1*(1 SE-Articles). doi: 10.35790/jkp.v1i1.2191.
Riska Dwi, A. (2017). Pengaruh efikasi diri, lingkungan keluarga, disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMKN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya [Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat].
Sardiman, A. M. (2011). Mengungkapkan ada beberapa bentuk dan cara untuk menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di sekolah, *4*, 9–32.
Susilo, A., & Widiya, M. (2021). Video animasi sebagai sarana meningkatkan semangat belajar mata kuliah media pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau. *Jurnal Eduscience*, *8*(1), 30–38.
Tirmidziani, A., Farida, N. S., Lestari, R. F., Trianita, R., Khoerunnisa, S., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Upaya menghindari bullying pada anak usia dini melalui parenting. *Early Childhood Journal of Education*, *2*(1), 59–65. doi: 10.35568/earlychildhood.v2i1.239.
Yahya, A. K., Abdullah, W. F., Imad, H., & Jumali, M. H. (2007). Changes in doping state of (Tl, Pb) Sr1212 superconductors with Yb substitution at Sr site. *Physica C Superconductivity and its Applications, 463*, 474–477.

Authors

Amalia Rachma Dewi
Kukuh Sinduwiatmo
kukuhsinduwiatmo@umsida.ac.id (Primary Contact)
Dewi, A. R., & Sinduwiatmo, K. (2024). Pengaruh orang tua terhadap motivasi belajar anak usia dini: Studi fenomenologi. Journal of Human, Culture, Society, and Education, 1(1), 80–85. https://doi.org/10.62672/hucse.v1i1.10

Article Details